Vuelta a Espana: Kejuaraan Bersepeda Mengelilingi Spanyol

Apa Itu Vuelta a Espana?

Secara harfiah, Vuelta a Espana dalam Bahasa Inggris berarti Tour of Spain. Jika kita terjemahkan lagi ke dalam Bahasa Indonesia Vuelta a Espana berarti Tur Spanyol. Tentu saja yang kita maksud dengan tur di sini bukan sekadara jalan-jalan mengelilingi Spanyol biasa, melainkan bersepeda. Tur ini merupakan kegiatan bersepeda yang sudah lama ada di Spanyol. Sama halnya dengan Giro d’Italia dan Tour de France yang masing-masing berada di Italia dan Perancis. Vuelta a Espana merupakan salah satu perlombaan sepeda yang paling populer bersama dengan Giro d’Italia dan Tour de France. Karena kepopulerannya, banyak penggemar olahraga sepeda menantikan acara ini meskipun tidak ikut berpartisipasi secara langsung.

Sejarah Singkat

Acara Vuelta a Espana pertama kali diadakan pada tahun 1935. Pada waktu itu kegiatan perlombaan tur sepeda seperti ini masih sangat jarang dan Vuelta a Espana menjadi salah satu yang pertama. Setelah melewati hampir 2 dekade tepatnya pada tahun 1955, Vuelta a Espana menjadi acara tahunan.

Unipublic adalah lembaga yang mengadakan Vuelta a Espana sejak tahun 1979 karena kepopulerannya. Lalu kemudian pada tahun 2014 silam, Organisasi Olahraga Amaury turut bergabung dalam pengadaan Vuelta a Espana dan bekerja sama untuk menyukseskan acara ini sampai pada tahun ini.

Sampai sekarang ini, Vuelta a Espana masih sangat populer dan bersanding dengan Giro d’Italia dan Tour de France dalam hal perlombaan tur sepeda. Acara yang berlangsung selama 3 minggu dan ada tambahan 2 hari istirahat. Sistem Vuelta a Espana tidak pernah berubah dan ada babak wajib yang selalu ada tiap tahunnya, yaitu berpacu dengan waktu. Di babak ini para pesepeda dari seluruh dunia mengayuh sepedanya untuk lari dari waktu dan mencapai garis finis secepat mungkin.

5 Babak Kunci dalam Vuelta a Espana 2021

Vuelta a Espana tahun ini juga tidak terlalu berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Ada babak-babak tertentu yang menjadi kunci dalam balapan tur sepeda yang harus pesepeda dari seluruh dunia lewati. Berikut adalah babak-babak kunci tersebut:

  • Babak 21: Berpacu dengan Waktu

Babak 21 ini merupakan salah satu dari beberapa babak yang memiliki objektif berpacu dengan waktu. Dengan panjang lintasan hampir 34 kilometer, peserta Vuelta a Espana akan menjalani tantangan berpacu dengan waktu secara individual. Menurut informasi yang kami dapatkan, pada tahun 2021 ini jalur untuk babak 21 berpacu dengan waktu akan menggunakan rute yang sama dengan rute tahun 1993. Babak ini akan bertempat di Galicia, salah satu kota yang terkenal dengan intensitas hujannya di Spanyol. Menurut pengamat, jika terjadi hujan maka akan banyak pesepeda yang sedikit kesulitan.

  • Babak 17: Climbing Stage

Babak ini merupakan salah satu babak tersulit pada Vuelta a Espana tahun 2021 ini. Bagaimana tidak, para pesepeda akan mengayuh sepedanya memanjat bukit dan dataran tinggi dengan 10-12% gradien akan sulit bagi peserta Vuelta a Espana. Menaiki tanjakan sejauh 15 kilometer dengan gradien kemiringan 10-12% bukanlah hal yang mudah bahkan bagi pesepeda yang sudah veteran. Menurut para pengamat, ini akan menjadi babak tersulit dalam Vuelta a Espana tahun 2021 ini.

  • Babak 5: Hembusan Angin

Babak kelima ini merupakan babak yang menggunakan jalur terbuka tanpa rintangan yang darat yang berarti. Memang benar hampir tidak ada rintangan darat, tetapi rintangan sesungguhnya dari babak ini adlaah angin yang berhembus sangat kencang. Karena jalur yang akan peserta Vuelta a Espana lewati merupakan dataran luas, tidak ada yang bisa befungsi sebagai penahan angin.

  • Babak 14: Serbuan

Babak ini mungkin tersulit kedua setelah tanjakan panjang dengan gradien 10-12%. Dengan 15-20% gradien kemiringan dan jalur tanjakan sepanjang 3 kilometer, banyak peserta Vuelta a Espana yang akan kesulitan. Tetapi rintangan utamanya bukanlah itu, melainkan rute sepanjang hampir 160 kilometer. Rute ini akan sangat melelahkan dan menguras sumber daya.

  • Babak 9: Puerto Lumbreras

Babak 9 merupakan salah satu yang paling sulit. Dengan rute yang melewati pdang gurun yang panas dan dengan pemandangan yang sama sejauh mata memandang. Babak ini sangat menegangkan dengan panas gurun dan panjang rute hampir 190 kilometer. Peserta Vuelta a Espana akan bermandikan keringat pada 1 jam pertama karena panas yang sangat tinggi.