Berkembangnya Rantai Sepeda Jerman yang Fokus pada Suksesi IBD

DRESDEN, Jerman – Pengecer toko rantai sepeda Little John Bikes GmbH merayakan pembukaan tokonya yang ke-40 di pasar asalnya, Jerman. Perusahaan bertujuan untuk merayakan pembukaan toko ke-50 pada musim gugur 2022. Selain pembukaan toko baru, perusahaan mencapai ekspansi yang cepat melalui konsep suksesi IBD unik yang menawarkan solusi untuk pasar ‘penuaan’.

Banyak sekali yang beranggapan bahwa usaha dalam penjualan sepeda di saat pandemi menyerang akan mengalami penurunan yang signifikan. Namun, nyatanya ketika semua tertuju pada kesehatan dan kebugaran sebagai alat penangkal virus. Alternatif olahraga luar sebagaimana yang kita ketahui sebagai sepeda tidak akan dapat kita gunakan.

Namun, tidak hanya pada bagian tertentu saja. Semua itu dapat terlihat pada salah satu usaha spare-part sepeda yang tampaknya mengalami peningkatan ketika pandemi mulai mereda dan olahraga kembali diperbolehkan. Dan perusahaan yang bergerak dalam bidang tersebut salah satunya adalah Little Jhon Bikes.

Little John Bikes memiliki jaringan toko terbesar di Jerman bagian timur. Apa yang membedakan pengecer rantai toko dari yang lain adalah bahwa ia memfokuskan rencana ekspansinya tidak hanya melalui pembukaan baru tetapi juga melalui suksesi IBD. Tidak ada model yang sebanding dalam sektor IBD. Peluncuran pembukaan toko ke-40 Little John di kota Greifswald, misalnya, merupakan suksesi ke-30 dari IBD lokal.

Meningkatkan kompleksitas untuk IBD

Little John Bikes menunjukkan situasi pengadaan yang semakin kompleks, meningkatnya komitmen modal, dan meningkatnya tekanan kompetitif untuk IBD. Selain itu, perilaku pelanggan saat ini jauh lebih menuntut dan bebeas, tambah perusahaan. “Hal ini menghasilkan profil persyaratan yang semakin kuat untuk IBD dengan kompetensi layanan, konsultasi, dan multisaluran yang sesuai. Pandemi Corona saat ini semakin mempercepat perkembangan ini, ”kata perusahaan itu.

Lebih dari 60% pemilik IBD Jerman berusia lebih dari 50 tahun

Banyak IBD di seluruh Eropa saat ini menghadapi situasi ini. Menurut pengamat industri, lebih dari 60% IBD Jerman berusia lebih dari 50 tahun – jadi dengan mendekati masa pensiun, hal ini dapat menghalangi pengembangan bisnis lebih lanjut yang diperlukan yang diperlukan. Selain itu, jika IBD sekarang memiliki penerus yang sesuai dalam bisnis / keluarga, maka solusi lain harus ditemukan. Di situlah rencana suksesi Little John Bikes masuk.

Mempertahankan sebanyak mungkin kepentingan pemilik

Menurut direktur pelaksana Little John Bikes, Dr. Robert Peschke, sebagian besar IBD yang dia hubungi, atau kunjungi, terkejut secara positif dengan konsep suksesi yang disajikan oleh dia dan timnya. “Dalam percakapan saya, saya sering mengamati efek ‘aha’ yang nyata ketika saya berbicara tentang model Little John Bikes dan mempresentasikan suksesi yang berhasil kami terapkan dari latihan. Banyak pemilik pada saat itu menyadari bahwa langkah dari keinginan ke implementasi nyata ternyata tidak terlalu besar dan rumit. ”

Menurut Peschke, konsep suksesi Little John Bikes memperhitungkan semua perspektif kelanjutan perusahaan. “Kami tahu bahwa pemilik tidak hanya berpisah dengan aset faktual, tetapi juga dengan karya kehidupan dengan hubungan emosional yang kuat. Bagaimanapun, kami melanjutkan bisnis dengan tanggung jawab yang sesuai dan mempertimbangkan semua pilar suksesi: kewirausahaan, karyawan, pelanggan, dan bahkan kepentingan sosial dan kemasyarakatan. ”

Perusahaan regional dengan koneksi yang kuat

Terlepas dari ukurannya, Little John Bikes mendefinisikan dirinya sebagai perusahaan supra-regional yang aktif dan mitra dengan koneksi lokal yang kuat. Aspek penting dari penahan regional adalah penciptaan dan perlindungan lapangan kerja. Tujuannya, kata Peschke, adalah untuk mengambil alih karyawan yang ada dan dengan demikian mempertahankan kontak personal untuk pelanggan.

Selain itu, karyawan yang dipindahkan dan baru mendapatkan keuntungan dari peluang profesional baru dan kemungkinan pengembangan yang terbuka dalam sistem toko rantai dengan lebih dari 300 kolega, seperti yang ada di Little John Bikes. E-learning untuk pelatihan dan pendidikan lebih lanjut, acara internasional, dan peluang mendapatkan penghasilan yang luar biasa adalah opsi baru setelah pengalihan operasi.

Menurut rencana ekspansi terbaru, perseroan ingin mengalihkan fokusnya ke wilayah metropolitan di Jerman barat untuk pertama kalinya. Perusahaan menyatakan belum ada rencana ekspansi di luar Jerman.